Minggu, 31 Desember 2023

Serka Saman Mega Jaya Kerja Bhakti Tanam Rumput Vetiver Di Bantaran Kali Gedek

Serka Saman Mega Jaya Kerja Bhakti Tanam Rumput Vetiver Di Bantaran Kali Gedek 

Serka Saman saat menanam rumput vetiver (akar wangi), Senin 01/01/23

kodim0606kotabogor.com - Serka Saman Mega Jaya Babinsa Kelurahan Kencana bersama warga laksanakan kerja bhakti penanaman rumput vetiver (akar wangi), dalam rangka penghijauan dan sebagai penahan longsor.

Kerja bhakti penanaman rumput vetiver (akar wangi) tersebut bertempat di Kali Gedek RT. 04 RW. 02 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, pada hari Senin tanggal 01 Januari 2024 pukul 09.00 Wib.
Manfaat dari tanaman Vetiver (akar wangi) antara lain bagian daunnya dapat bermanfaat menyerap karbon, pakan ternak, mengusir hama, bahan atap rumah, dan bahan dasar kertas. Pada bagian akarnya bermanfaat mencegah longsor dan banjir, memperbaiki kualitas air, melindungi infrastruktur, menyerap racun dan menyuburkan tanah, ucap Serka Saman.

Ia menambahkan, rumput vetiver atau akar wangi menjadi salah satu tumbuhan yang bisa mencegah erosi. Tanaman ini memiliki akar panjang hingga 2 meter ke dalam tanah, dalam waktu setahun akar tanaman vetiver bisa tumbuh mencapai 50 CM hingga 1 M. 
Akar rimbunnya tersebutlah yang menjadi alasan mengapa tanaman ini menjadi salah satu tanaman andalan dalam mencegah erosi ataupun tanah longsor, maka kami tanam rumput vetiver tersebut di bantaran kali Gedek.

Meskipun Vetiver adalah rumput tropis, Vetiver mampu bertahan dan tumbuh subur di cuaca dingin. Akarnya yang dalam sekali dan cepat tumbuh membuat vetiver sangat toleran terhadap kekeringan dan sangat cocok sebagai stabilisasi tanah dengan tingkat kemiringan yang curam, imbuh Serka Saman. 
Semoga dengan usaha penanaman rumput vetiver yang kita lakukan ini bisa mencegah erosi dan tanah longsor di bantaran kali Gedek, tutup Serka Saman Mega Jaya Babinsa Kelurahan Kencana. (Hans 74). 


Editor : Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor.   

0 comments:

Posting Komentar