Selasa, 12 September 2023

 BABINSA KODIM 0203/LANGKAT BANTU PETANI LAKUKAN PENYEMPROTAN HAMA PADI 



Besitang -Komandan Ramil 14/Besitang, Kapten Infanteri Imran Hamdani, mengajak seluruh anggotanya untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat petani, khususnya para petani yang ada di Dusun Tani, Desa Suka Jaya, Kecamatan Besitang.


“Sebab saat ini perlu dilakukan penyemprotan, guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya kerusakan padi,” ungkap Danramil, Selasa (12/09/2023).


Kapten Inf. Imran Hamdani menyampaikan, agar proses penyemprotan hama padi ini berjalan dengan cepat, dirinya memerintahkan para Babinsa untuk membantu para petani melakukan penyemprotan. Dengan teknik penyemprotan yang benar, agar kegiatan mengendalikan serangan hama dan penyakit bisa dioptimalkan pertumbuhan tanaman padinya, semua itu dilakukan guna menyukseskan serta mewujudkan swasembada pangan.


Menurutnya, petani akan mengalami kerugian yang diakibatkan adanya hama wereng, sehingga perlu dilakukan penyemprotan. Seperti halnya yang dilakukan di sawah milik Ali, warga Dusun Tani, Desa Suka Jaya. Dalam perawatan padinya, Ali dibantu oleh Koptu Heri Babinsa Desa Suka Jaya.



Menurut Koptu Heri waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka, dikarenakan cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman padi, hingga masuk ke dalam lapisan jaringan.



“Menyemprot tanaman tidak melulu harus keseluruhan bagian tanaman, cukup dibawah permukaan daun, karena disinilah letak mulut daun berada,” tutur Babinsa.


Dikatakan oleh Babinsa Ramil 14/Besitang ini, bahwa sekilas masalah penyemprotan tampak mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, tetapi karena bahan-bahan penyemprotan membutuhkan banyak campuran yang terkadang mengandung racun, maka tidak boleh dilakukan secara sembarangan. ( R14)

 

 

0 comments:

Posting Komentar