Minggu, 17 September 2023

Korem 022/PT Laksanakan Upacara Bendera 17-an Bulan September Tahun 2023

 

 


Simalungun – Seluruh Prajurit Dan PNS Jajaran Korem 022/Pantai Timur melaksanakan Upacara Bendera 17-an, bertindak sebagai Inspektur Upacara  Kasiren Korem 022/Pantai Timur Letkol Inf Ternalem Sembiring S.pd , bertempat di Lapangan Makorem 022/PT, Jalan Asahan Km, 3.5 Nagori Estate, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun,Senin (17/09/2023).

 


Upacara bendera Setiap tanggal 17 ini jangan hanya dijadikan sekedar rutinitas yang biasa, namun harus benar-benar dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa Patriotisme dan Nasionalisme, melalui penghormatan terhadap simbol negara yang diperjuangkan melalui pengorbanan jiwa raga dan harta benda para Pahlawan Kusuma Bangsa.

 

Pada kesempatan tersebut, Kasiren Korem 022/PT Letkol Inf Ternalem Sembiring S.pd , membacakan amanat  Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan menyampaikan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tahun 2024 yang akan datang, Sumatera Utara akan menjadi pusat perhatian nasional karena terkait dengan pelaksanaan pekan olahraga nasional (PON) ke XXI, sebagai bagian dari masyarakat Sumatera Utara sekaligus sebagai tuan rumah, Prajurit dan PNS Kodam I/BB khususnya yang berada di wilayah Medan, hendaknya ikut mendukung suksesnya penyelenggaraan PON ke XXI tahun 2024 dengan “Catur Suksesnya”, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan serta sukses administrasinya.

 


Saya mengingatkan bahwa tidak lama lagi kita akan memperingati hari ulang tahun ke-78 TNI. terkait dengan itu, saya menyampaikan kepada jajaran Kodam I/BB, pada kegiatan HUT TNI kali ini rencananya akan dilaksanakan di Astaka, saya berharap kepada seluruh Komandan satuan dapat melaksanakan kegiatan yang positif dan tidak hanya bersifat seremonial belaka, akan tetapi lebih baik apabila kegiatan yang dilaksanakan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat menjadi semakin erat dan terpadu serta pedomani dan laksanakan  perintah harian Kasad.

 

Selanjutnya kembali saya mengingatkan bahwa tahun ini adalah tahun politik tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024 akan dilaksanakan pemilu (pemungutan suara) secara serentak, TNI tidak mempunyai hak memilih dan hak dipilih serta tidak terlibat politik praktis.

 

Saya ingin memberikan penekanan  tentang implementasi netralitas TNI pada Pemilu/Pilkada 2024 adalah :

 

Pertama, tidak memihak/memberikan dukungan kepada Parpol/Paslon tertentu.

 

Kedua, tidak memberikan fasilitas apapun, tempat/sarpras TNI sebagai sarana kampanye.

 

Ketiga, tidak memberikan arahan kepada keluarga Prajurit/PNS TNI terkait pemilu.

 

Keempat, tidak memberikan tanggapan terhadap hasil quick count dalam bentuk apapun.

 

Kelima, atasan/komandan menindak tegas Prajurit/PNS TNI yang terbukti terlibat politik praktis.

 

Keenam, Prajurit/PNS TNI yang mencalonkan diri sebagai calon Legislatif / Calon kepala daerah harus mengundurkan diri dari dinas TNI, barang siapa yang melanggar komitmen netralitas TNI bisa mendapat sanksi yang tegas seperti disiplin militer atau pidana militer.

 

Di akhir amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan berpesan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AD agar selalu waspada dan berhatihati di jalan raya, selalu taat dan patuh akan hukum, ikuti aturan berlalu lintas yang benar, agar tidak terjadi kerugian pada diri sendiri maupun keluarga kita.

 

0 comments:

Posting Komentar