Selasa, 20 Juni 2023

 BABINSA JAJARAN KODIM 0203/LANGKAT DAMPINGI PETANI, JETOR SAWAH



Besitang -- Babinsa Koramil 14/Bst, kodim 0203/Lkt Serda Bunandi Babinsa kelurahan bukit kubu  melaksanakan kegiatan membantu petani mengolah tanah dengan jetor dilahan bapak Tresno poktan Karya nyata seluas 2 Ha,  sawah darat/tadah hujan di lingk III kelurahan bukit kubu kecamatan Besitang kabupaten Langkat Pada Selasa   ( 20/06/2023 )


Serda Bunandi mengatakan, Pengolahan menggunakan Traktor/Jetor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.


Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.


Proses olah lahan dengan menggunakan traktor akan lebih mempercepat pekerjaan petani. Selain itu, dengan traktor, tanah menjadi gembur dan melumpur. Gulma pun akan mati dan membusuk, yang akhirnya dapat menyuburkan lahan persawahan.


Dengan di dampingi Babinsa, diharapkan petani benar-benar merasa terbantu dalam mendapatkan hasil maksimal, sehingga ketahanan pangan nasional sukses dan terwujudkan." Tutupnya." ( R.14 )

0 comments:

Posting Komentar