Sabtu, 21 Oktober 2023

Danrem 022/PT Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/ 2023 M di SMP-SMA Kartika I-4 Pematang Siantar

 

 


Pematang Siantar -  Komandan Korem 022/Pantai Timur  Kolonel Inf Agustatius Sitepu, S.Sos., M.Si., M.Han yang diwakili oleh Kasiter Korem  022/PT Mayor Inf Fahroel Muhadi menghadiri acara Peringatan  Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 H/2023 M dengan tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Untuk Membangun Generasi Muda Yang Religius ” di Lapangan SMP-SMA Kartika I-4 Jln Kartini No.8 Pematang Siantar. Sabtu (21/10/2023).

Acara tersebut diisi dengan lantunan lagu-lagu Islami oleh Group Vokal  Song SMA Kartika, pembacaan ayat suci Al’Quran dan ceramah hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Ketua MUI Drs. H. M. Ali lubis.

 


Amanat Danrem 022/PT yang dibacakan oleh Kasiter  Korem 022/PT Mayor Inf Fahroel Muhadi menyampaikan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bukanlah semata- mata merupakan kegiatan seremonial semata, namun Peringatan Maulid ini secara substansi adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan ummat Islam kepada Nabi Muhammad Nabi Muhammad SAW yang mengandung banyak hikmah dan pelajaran didalamnya.

 Bagi sekolah tentunya Peringatan Maulid ini mengandung hikmah  tersendiri, terutama mengajarkan keteladanan Nabi Muhammad Nabi Muhammad SAW kepada para siswa untuk mereka jadikan sebagai contoh dalam kehidupannya, terutama di tengah tantangan era modernisasi yang penuh dengan perubahan dan kompleksitas.

 


Peringatan Maulid Nabi adalah waktu yang tepat bagi kita semua, khususnya para Guru untuk merenungkan peran besarnya dalam membangun generasi muda yang cerdas, berahklak dan berbudi luhur.

Karena itu, saya berharap peringatan maulid ini dapat menjadi momentum perubahan bagi para siswa sekalian dalam bertindak dan bersikap.

 


Dari beberapa hal yang saya sampaikan, ada beberapa hikmah yang kita petik dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai berikut :

Pertama, Peringatan Maulid merupakan moment pendidikan yang berharga, terutama bagi Generasi Muda saat ini. Melalui ceramah, kisah- kisah kehidupan Nabi, mereka dapat memahami sejarah dan nilai-nilai Islam dengan lebih baik.Hal ini adalah peluang untuk mendidik mereka tentang ajaran-ajaran moral, etika, dan akhlak.

Kedua, Maulid Nabi juga bertujuan untuk memperkuat solidaritas umat Islam. Ini adalah saat ketika orang-orang dari berbagai latar belakang etnis, budaya, dan sosial berkumpul untuk merayakan bersama. Peringatan Maulid memperlihatkan persatuan umat Islam dan menekankan pentingnya kerjasama di antara mereka dalam menjalani kehidupan beragama dan sosial.

 


Ketiga, Maulid Nabi adalah momen yang kuat untuk meningkatkan kesadaran keagamaan. Selama acara ini, umat Islam berpartisipasi dalam shalawat (pujian) kepada Nabi dan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran. Ini membantu dalam memperdalam rasa spritualitas dan ketaatan kepada ajaran agama.

Keempat, Maulid juga menjadi wadah untuk pesan-pesan kebaikan dan menyebarkan toleransi. Dalam ceramah seringkali disampaikanpesan- pesan perdamaian, kasih sayang, dan toleransi.

Akhirnya, saya berpesan kepada seluruh siswa maupun siswi SMP dan SMA Kartika I-4 Pematang Siantar, agar tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif yang ada disekitar lingkungan, seperti penyalahgunaan narkoba, geng motor, pergaulan bebas, miras, tawuran antar pelajar dan lain sebagainya, karena itu jelas merusak kehidupan dan cita-cita kalian.

 


Dalam memeriahkan Maulid Nabi tahun ini , Yayasan SMP-SMA Kartika I-4  juga mengadakan berbagai perlombaan diantaranya lomba Adzan, Tilawah, Tahfidz, dan juga Perlombaan Gambar Kaligrafi.

 

Turut hadir dalam acara tersebut Kasiter Korem 022/PT, Paku Rem 022/PT, Pasiter Korem 022/PT, Mewakili ibu Ketua Persit Koorcab Rem 022 PDI/BB Ny. Liza Fahroel Muhadi, Kepala sekolah SMA Kartika Drs. Jonni Siburian, MM, Kepala Sekolah TK Kartika I-38 Ibu Suci Jayanti S. Pdi., PLT Kepala Sekolah SMP Kartika Ibu Moranida Munthe S.Si, Mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Bapak Mhd. Ikhsan Lubis, Ketua MUI Drs. H. M. Ali lubis, Kepala Sekolah SMP N 4, Pimpinan cabang BSI dan Komite sekolah.

0 comments:

Posting Komentar