Selasa, 18 Oktober 2022

SINTELAD BINKOM CEGAH KONFLIK SOSIAL DI WILAYAH KODIM 0209/LB

 
Matarajawali, Labuhanbatu -  Kegiatan bimbingan komunikasi (BINKOM) cegah konflik sosial dengan Thema " Peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial di wilayah Kodim 0209/LB dilaksanakan oleh Sintelad (Staf Intelijen Angkatan Darat)  di aula Kodim 0209/LB Jln. Pramuka Kel. Padang matinggi Kec. Rantau Utara, Kab. Labuhanbatu. Selasa, (18/10/22)

Amatan media, Binkom Cegah Konflik Sosial langsung dipimpin oleh ketua Tim Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, SE,M.I.P., yang merupakan Almamater Parikesit (Akmil 2000).

Sebelumnya, Kasdim 0209/Labuhanbatu Mayor Inf Hendra Gunawan mewakili Dandim 0209/Labuhanbatu mengutarakan permohonan maaf Komandan Kodim tidak dapat hadir disebabkan sesuatu hal kegiatan yang tidak dapat di wakilkan.

"Pihak Kodim 0209/LB mengucapkan selamat datang kepada Tim Binkom dari Sintelad, dan selamat datang kepada para peserta sosialisasi Binkom Cegah Konflik Sosial di Aula Makodim 0209/LB." tutur Kasdim 0209/LB.


Dalam sambutan Kasdim 0209/LB, "Menghadapi permasalaha atau cara menghindari konflik di lingkungan masyarakat dengan cara menghadapi secara baik - baik,"

Selain itu katanya,  "menghargai pendapat orang lain dan hindari saling tuduh serta saling tolong-menolong antara rekan kerja."

Tak kalah penting, dalam Binkom Cegah Konflik sosial  Asisten Intelijen KASAD dibacakan oleh Ketua Tim Bimbingan Komunikasi (BINKOM) Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, SE,M.I.P.

"Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0209/Labuhan Batu beserta jajarannya atas terselenggaranya kegiatan Binkom Cegah Konflik sosial,  rasa terimakasih juga saya hanturkan kepada para Narasumber yang telah meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada para peserta," ucapnya.

Ia menambahkan, "Konflik bisa muncul dari mana saja, baik dari karakteristik individu, masyarakat, kelompok, interaksi sosial, serta terjadinya ketimpangan dan kelangkaan. Kita masih mengingat pada awal Pandemi Covid-19 hampir diseluruh wilayah Indonesia terjadi kelangkaan masker. Bahkan saat ini pun kita sedang mengalami peningkatan harga beberapa bahan pokok yang diakibatkan oleh pengaruh global," tambahnya.

Lanjutnya, "Kita patut bersyukur dalam setiap konflik yang terjadi, pemerintah bersama elemen masyarakat secara cepat dapat mengatasinya dengan baik sehingga konflik tidak berkembang luas."

"Dalam menghadapi berbagai macam problematika bangsa ini, diperlukan langkah-langkah yang baik, cerdas, benar, dan bijaksana dari seluruh pihak. Konflik bukan tanggung jawab pemerintah semata mata. Melainkan, tanggung jawab seluruh pihak yang memiliki tanggung jawab moral." lanjutnya lagi.

"Oleh karena itu, upaya untuk mencegah terjadinya Konflik Sosial merupakan langkah strategis yang perlu dilakukan agar konflik sosial tidak semakin meluas, sehingga stabilitas keamanan yang kondusif tetap terjaga," sebut Letkol Tengku lagi.

Akhir amanatnya,  "Kegiatan Binkom Cegah Konflik Sosial di wilayah Kodim 0209/Labuhan Batu merupakan salah satu upaya preventif melalui metode ceramah dan tanya jawab para peserta." tutupnya.

Tampak hadir dalam kegiatan Binkom, Pabandia - 1/Renproggar Spaban I/Ren Sintelad Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, SE, M.I.P., (Ketua Tim), Kaurtelwas Proggar Spaban I/Ren Sintelad Kapten Cku Ignatius Bhakti Wirawan, S.S.T.Han., Rihadi PNS Sintelad, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Hendra Gunawan, Danunit Intel Kodim 0209/LB Lettu Inf Aswin, Perwakilan Kajari Labuhanbatu Rizki Nasution (Narasumber), Kesbangpol Ibu Fitra (Narasumber). Red*


0 comments:

Posting Komentar