Kamis, 27 Oktober 2022

Kasiren Korem 022/PT Hadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 di Kota Pematang Siantar

 


 


Pematang siantar – Danrem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P Yang diwakili oleh Kasiren Korem 022/PT  Letkol Kav Abdul Rachman Dalimunthe, S.E  menghadiri Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022. bertempat di  Lapangan Simarito Jln. Adam Malik Kota Pematang Siantar, Jum'at (28/10/2022).

 

Tepat 94 Tahun yang lalu, pada tanggal 28 Oktober 1928 Pemuda dan Pemudi Indonesia yang tergabung dalam beberapa organisasi kepemudaan membulatkan tekad untuk mempersatukan Indonesia menjadi satu Nusa, Bangsa dan Bahasa.

 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 kali ini mengangkat tema ““Bersatu bangun Bangsa”, Walikota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA bertindak sebagai Inspektur Upacara.

 


Kasiren Korem 022/PT  Letkol Kav Abdul Rachman Dalimunthe, S.E mewakili Danrem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P , turut menghadiri Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022.

 

Dalam sambutannya Walikota P.Siantar dr Susanti Dewayani SpA Menyampaikan  Peringatan  Hari   Sumpah  Pemuda adalah  upaya  kita menghadirkan sejarah masa lalu  untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi  pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan  inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

 

Sumpah  Pemuda  28  Oktober  1928   memberikan  pelajaran   kepada   kita bagaimana  menyikapi perbedaan sikap primordial, suku,  agama,  ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan,  bukan sebagai faktor yang  melemahkan.   Sejarah   telah   menjelaskan   bahwa,  pilihan  pemuda waktu itu  telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

 

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti  dengan  rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.  Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

 

 Peringatan  Harl   Sumpah  Pemuda  ini  selalu memilik   arti    penting,   karena   ancaman-ancaman  · terhadap   kesatuan Indonesia selalu ada  bersamaan  dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

 

·Tema peringatan Harl ·sumpah  Pemuda saat ini adalah "Bersatu Bangun Bangsa".  Tema ini  memberikan pesan  mendalam bahwa  bersatu padu   adalah   harga  mati    yang    harus  dikuatkan  untuk   membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan  pem-bangunan  peradaban  yang    unggul   sebagai eksistensi bangsa Indonesia.  Tema  ini menjacli pengejawantahan nilai  agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang  akan datang.

 

Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini  dan sepanjang masa. 

 

Semangat untuk selalu    bersungguh-sungguh membangun    Indonesia    yang   merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan  makmur secara  dinarnis   sesuai  konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

 

 

Pemuda hari ini  adalah tokoh-tokoh  yang akan  berperan pada masa yang akan datang,  apa  yang dilakukan  oleh   pemuda di  masa  sekarang juga menjadi  penentu kemajuan  bangsa Indonesia  di  masa yang akan  datang. Mandat pemuda saat ini  adalah menjadikan nilai-nilai persatuan  di  atas segala-galanya.

 

 Memandang keberagarnan sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai  menjadi kekuatan  yang luar  biasa menggapai  kejayaan Indonesia.   Pemuda  bukan  hanya  menjadi  pelaku  penting   membangun ketangguhan  bangsa. dalam mewujudkan  visi besar  Indonesia  Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,

 

Pembentukan   ketangguhan  bangsa   melalui pembentukan karakter   mulia  dan   pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah  keahlian dan   dipadukan  dengan senantiasa,  mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh  diabaikan oleh para  pemuda  Indonesia.  Hanya  bangsa yang tangguh  yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan  memenangkan persaingan  dalam kancah global yang semakin keras.

 

Jika  kita  melihat · kondisi  pemuda  Indonesia   saat  ini,   maka   terdapat optimisme yang  penuh  harapan, di   samping  masih   terdapat   beberapa tantangan yang tidak ringan.

 

Kita patut bersyukur,  melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi diberbagai bidang yang membanggakan,  baik  pada level nasional  maupun  pada level  intemasional.  Hal  ini  menjadi  modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa  yang akan datang, namun kita juga  khawatir  bahwa  pemuda  Indonesia  masih   menghadapi  ancaman pengangguran dan  keterpurukan  dalam  tindakan  destruktif yang tidak menguntungkan.

 

 

Terhadap situasi  tersebut,  maka upaya pemberdayaan dan  pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif,  kolaboratif dan mandiri  serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar  pemuda  dapat  menghadapi'  situasi  yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

 

Oleh karena itu, pada kesempatari yang baik ini,  bermula dari  Titik nol Ibu Kota Nusantara, kami  mengajak  seluruh  elemen  bangsa   menghimpun kekuatan  dan semangat untuk bergerak,  mendorong  pemuda Indonesia untuk   mengembangkan  berbagai  potensi   yang   ada   demi    membangun kejayaan sepanjang masa.

 

Kerja-kerja kolaboratif antar piha ·perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak   bisa dilakukan  secara sendiri-sendiri atau parsial.  Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni.

 

Akhimya,   marilah  kita  jadikan   momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang  Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang  Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu  membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Walikota Pematangsiantar dr. Susanti Dewayani Sp.A, Kapolresta Pematangsiantar AKBP Fernando S.I.K,S.H. Dandim 0207/SML diwakili Kapten Inf Suheri (Danramil 02/ST), Dandenpom I/1 Pematangsiantar diwakili Mayor Cpm Antonius Sembiring, S.H (Wadan Denpom I/1), Danrindam I/BB diwakili Mayor Inf Heri Siswanto (Kasiter Rindam I/BB)

Ketua Pengadilan Negeri diwakili Zulfahri Siagian S.H. (Seketaris Pengadilan Negeri),  Para ASN Kota Pematangsiantar.  Mahasiswa dan Para Pelajar se Kota Pematangsiantar.

0 comments:

Posting Komentar