Kamis, 02 November 2023

Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Di Kampung Yakasip Jayapura

Matarajawali.my.id, Papua - Pangdam XVII/Cenderawasih diwakili oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto bersama Forkopimda dan masyarakat  melaksanakan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023, bertempat di Kampung Yakasip Distrik Namblong Kabupaten Jayapura, Rabu (1/11/2023).


Kegiatan ini secara serentak dilakukan di seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara terpusat di Bekasi dalam rangka HUT Ke-78 TNI dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI (Wapres) KH. Ma'ruf Amin didampingi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dengan mengusung tema "Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju”


Mengawali kegiatan, Kasrem 172/PWY bersama rombongan dan tamu undangan mengikuti kegiatan Video Conference (Vicon) dipimpin oleh Wapres RI Bapak K.H. Ma’ruf Amin.


Usai Vicon bersama Wapres, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bibit sayur dari Bapak David A. Zakarua, S.Pt (Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura) kepada kelompok tani, serta penyerahan BPJS kepada kelompok tani, sekaligus dirangkai dengan penanaman Jagung secara simbolis.


Tak hanya itu, Gerakan Nasional Ketahanan Pangan ini, juga dilaksanakan penaburan bibit ikan sebanyak 2000 bibit dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura di Kampung Sarmai Atas, Distrik Namblong Kabupaten Jayapura yang dipimpin Kasrem 172/PWY, Bapak Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si (Pj Bupati Jayapura) didampingi oleh Ir. Rudy Saragi (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura).


Pada kesempatan ini, Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto menyampaikan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih telah melaksanakan kegiatan Ketahanan Pangan yang merupakan salah satu program strategis nasional yang dicanangkan oleh Bapak Panglima TNI yang telah dilaksanakan secara serentak di Indonesia.


"Di Jayapura ini, juga dilaksanakan secara serentak oleh Kodam XVII/Cenderawasih. Untuk itu kami menggandeng para Stakeholder  diantaranya dari Kedinasan Pertanian dan Perikanan yang telah melaksanakan kegiatan penaburan benih berupa ikan nila sebanyak 12.000 ekor untuk satu tempat yaitu di Jayapura," pungkas Kasrem.


"Sedangkan untuk jagung ada 10 hektar yang nantinya ini menjadi potensi daerah yang bisa dikembangkan. Hal ini karena kita lihat lahan di tanah Papua ini sangat luas dan sangat menjanjikan untuk bisa dikelola dengan baik. Semua ini adalah untuk membangun dan membantu masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi yang lebih baik dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.


Di tempat yang sama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Iman Djuniawal mengapresiasi yang dilakukan oleh Kodam XVII/Cenderawasih  dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke 78 TNI berkolaborasi dengan masyarakat yang mengacu pada misi Pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim dan Inflasi serta penurunan Stunting. Ini merupakan upaya untuk menumbuh kembangkan usaha di lingkungan masyarakat, agar memberikan kesejahteraan masyarakat," ucap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan.


Hadir dalam kegiatan tersebut

Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Mukhamad Akbar, S.E., PA LO AL dan Para Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kal Taufik Giri (Kadispot Dirga Lanud Silas Papare), Bapak Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si (Pj. Bupati Jayapura), Ir. Rudi Saragi (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura), Bapak David A. Zakarua, S.Pt (Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura), dan Petani Lahan Jagung di Kampung Yakasip.

0 comments:

Posting Komentar