Sabtu, 04 November 2023

Babinsa Ramil 04/LB Serma Chairul Anwar Ajak Masyarakat Nelayan Pantau Cuaca Jika Berlayar


Matarajawali.my.id, Labuhanbatu - Serma Chairul Anwar Babinsa Ramil 04/Labuhanbilik Kodim 0209/LB melaksanakan kegiatan Komsos kepada masyarakat Nelayan di Kelurahan Labuhanbilik Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (4/11/2023).

Dalam kegiatan komsos tersebut, Serma Chairul Anwar menyampaikan beberapa poin kepada masyarakat nelayan sebelum berlayar menangkap ikan di laut.

1. Menghimbau dan melakukan pemantauan terhadap kondisi cuaca dan ombak di laut dalam berlayar, meskipun cuaca terlihat tenang, karena kondisi cuaca dapat berubah sewaktu- waktu, sehingga keselamatan diri Nelayan yang paling utama.

2. Melakukan pemantauan cuaca secara berkala melalui informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan  Geofosika (BMKG) dgn mengakses lewat internet, sehingga lebih mudah dipantau dan menjadi acuan bagi para nelayan untuk melihat kondisi perairan.

3. Melengkapi peralatan dan perlengkapan keselamatan di Kapal/boat berupa :

a. Pelampung penolong dan jaket/rompi penolong (Life Jacket).
b.  Survival Suit.
c.  Media pelindung panas (Thermal Protective Aid sebagai pelindung tubuh, mengurangi hilangnya panas tubuh).

4. Melakukan koordinasi dan memberikan informasi kepada Babinsa, apabila adanya kejadian atau permasalahan di dalam masyarakat, sehingga permasalahan tersebut, dapat dengan cepat ditindak lanjutin.

Menanggapi kegiatan Babinsa, kepada awak media Dandim 0209/LB Letkol Inf Muhammad Faizal Rangkuti, S.IP.,M.IP melalui Plh Danramil 04/Labuhanbilik Lettu Inf Aswin saat diminta konfirmasi mengatakan "bentuk terjalinnya kedekatan Babinsa dengan warga binaan perlu dilakukan silaturahmi dan komunikasi sosial karena ini merupakan langkah awal dalam menjalankan peran pembinaan teritorial diwilayah".

"ini juga salah satu penekanan dari Dandim 0209/LB tentang mengatasi kesulitan masyarakat dalam bentuk kedekatan dengan warga binaan, agar segala bentuk kejadian dapat termonitor dan dapat dilakukan langkah penanganannya," jelasnya. (red)*

0 comments:

Posting Komentar