Jumat, 03 Februari 2023

Waspada DBD, Koptu Bagoes Bersama PMI Kota Bogor Galakan PSN Dengan Cara 3M Plus

Waspada DBD, Koptu Bagoes Bersama PMI Kota Bogor Galakan PSN Dengan Cara 3M Plus  

Koptu Bagoes Babinsa Kelurahan Tegal Gundil Sosialisasi waspada DBD bersama PMI Kota Bogor, Jum'at 03 Februari 2023  

kodim0606kotabogor.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Tegal Gundil Koptu Bagoes Raka Siwi melaksanakan kegiatan sosialisasi waspada demam berdarah dengue (DBD) bersama PMI Kota Bogor, sosialisasi tersebut bertempat di SDN Bantarjati 5 RT. 03 RW. 02 Kelurahan Tegal Gundil Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor, pada hari Jum'at tanggal 03 Februari 2023 pukul 08.30 Wib.

Petugas PMI Kota Bogor menjelaskan, Penyakit demam berdarah dengue (DBD) cenderung meningkat pada pertengahan musim penghujan, dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karena itu PMI Kota Bogor bersama pak Babinsa melaksanakan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus, yang dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. 
Program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus antara lain : 

1. Menguras. Membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
2. Menutup. Menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.
3. Mengubur atau Memanfaatkan. Mengubur barang yang tidak di pakai atau memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan antara lain :

1. Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.
2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.
3. Menggunakan kelambu saat tidur.
4. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk.
5. Menanam tanaman pengusir nyamuk.
6. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.
7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.
Sosialisasi tersebut dalam rangka waspada demam berdarah yang sering meningkat saat musim penghujan, kami mohon juga kepada para orang tua mari kita sukseskan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus, ucap Koptu Bagoes.

Hadir dalam sosislisasi tersebut antara lain, Babinsa Kelurahan Tegal Gundil, Petugas PMI Kota Bogor, Perangkat Kelurahan Tegal Gundil, Kepala sekolah dan para Guru SDN 5 Bantarjati, Ketua RW 02 serta para Murid SDN 5 Bantarjati.

Alhamdulilah kegiatan sosialisasi waspada DBD berjalan dengan tertib dan lancar, mari kita berantas DBD dengan 3M Plus, tutup Koptu Bagoes Raka Siwi. (Hans 74). 


Editor : Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor.

0 comments:

Posting Komentar