Selasa, 21 Februari 2023

Persit KCK Koorcab Rem 022 PD I/BB Gelar Pertemuan Gabungan Anggota Persit Cabang Jajaran

 

 


Pematang Siantar – Persit KCK Koorcab Rem 022 PD I/BB menyelenggarakan kegiatan pertemuan gabungan seluruh anggota Persit Cabang  jajarannya, yang dihadiri Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel  Inf Luqman Arief S.I.P di wakili Kasrem 022/PT Letkol Inf T. Yoppy Chandra Atmaja Hutasoit, S.E. bertempat di Aula Pantai Timur Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Kecamatan siantar Kabupaten Simalungun. Rabu ( 22/02/2023)

 

Dalam sambutannya Danrem 022/PT Kolonel  Inf Luqman Arief S.I.P Yang dibacakan oleh Kasrem 022/PT Letkol Inf T. Yoppy Chandra Atmaja Hutasoit, S.E. mengatakan Selaku Pembina  Persit  Kartika Chandra Kirana  Koorcab   Rem  022   PD  I/BB   dan pribadi, mengapresiasi kegiatan ini dan berharap pertemuan tatap muka ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk seluruh anggota Persit KCK, baik untuk mensuport tugas dan tanggung jawab dalam berorganisasi maupun untuk menyampaikan kebijakan, arahan dan informasi tentang tugas-tugas organisasi Persit KCK ke depan.

 

Selama ini Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 022 PD I/BB telah memberikan kontribusi positif bagi Korem 022/PT, terutama dalam mendukung prajurit untuk mengemban tugas pokoknya, serta telah memberikan sumbangsih yang sangat bermanfaat bagi anggota dan keluarganya, baik dalam berorganisasi, kehidupan rumah tangga maupun dalam pergaulan sosial dengan masyarakat.

 


Saya merasa bangga dan mengapresiasi berbagai inisiatif maupun kreativitas yang diwujudkan dalam kegiatan yang selama ini telah dilakukan secara konsisten oleh Persit KCK Koorcab Rem 022 PD I/BB, baik berupa kegiatan sosial, maupun olah raga dan seni budaya serta kegiatan lainnya seperti ceramah organisasi dan kesehatan yang esensinya berorientasi kepada pengembangan wawasan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas organisasi.

 

Tuntutan tugas seorang prajurit yang begitu dinamis hanya mampu diimbangi oleh pendamping yang tangguh. Karena itulah, saya berharap agar setiap anggota Persit Kartika Chandra Kirana mampu menjadi yang terdepan dalam pembinaan keluarga, karena keluarga yang terbina dengan baik akan melahirkan suatu lingkungan dan organisasi yang baik.

 

Karena keharmonisan suatu rumah tangga merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi keberhasilan prajurit dalam melaksanakan tugas. Keluarga yang baik, tentunya akan melahirkan pula satuan yang baik, karena keberhasilan satuan dalam tugas sangat ditentukan melalui kualitas prajurit beserta keluarganya.

 

Kemudian. peran lain yang harus dijalankan oleh setiap istri prajurit adalah memiliki konsekuensi sebagai insan yang bersosialisasi serta menjadi perhatian di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga diharapkan warga Persit Kartika Chandra Kirana dapat menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, organisasi dan juga satuan serta senantiasa menjadi contoh dan tauladan di tengah-tengah masyarakat.

  


Selain beberapa hal yang saya sampaikan di atas, perlu saya ingatkan bahwa mengasuh dan membesarkan anak merupakan tanggung jawab kita sebagai orang tua. Oleh karena itu perhatikan dan letakkan dasar-dasar moral dan rasa tanggung jawab kepada putra putrinya, agar mereka dapat berkembang ke arah pematangan kepribadian yang baik.

 

Berikan mereka bekal yang terbaik melalui pendidikan yang layak dan memadai serta pembinaan moral dan mental spiritual harus menjadi perioritas utama dalam membesarkan anak-anak.  Hal ini sesuai tema HUT Persit KCK ke 77 tahun 2023 yaitu “ Persit Kartika Chandra Kirana Membangun Keluarga dan Generasi Muda Berkualitas Menuju Indonesia Maju”

 

 

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada seluruh anggota Persit Kartika Chandra Kirana sebagai berikut :

Pertama, sebagai pendamping suami hendaknya ibu-ibu selalu dapat memberikan dukungan moril dan motivasi kepada suami untuk dapat menjaga dan meningkatkan kinerjanya, baik di saat senang maupun dalam suasana yang sulit.

Kedua, sebagai ibu rumah tangga, ibu-ibu dituntut untuk dapat menciptakan keluarga yang harmonis dan sejahtera dengan memberikan pendidikan yang baik, mengasuh dan menanamkan etika, moral dan suri tauladan serta mendidik anak-anak untuk menjadi generasi penerus yang berkualitas.

 

Ketiga, sebagai anggota persit, hendaknya dapat menunjukkan kinerja yang baik dalam berorganisasi, agar citra organisasi persit selalu mendapat tempat di tengah-tengah anggota dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan arah dan cita-cita mulia organisasi persit dalam mengemban amanah sebagai organisasi sosial kemasyarakatan.

 


Keempat, peran ibu-ibu di tengah-tengah masyarakat, hendaknya mampu berinteraksi dan memberikan kontribusi yang positif dengan menunjukkan sifat-sifat yang patut dijadikan contoh tauladan dalam ucapan dan tindakan serta bersikap sederhana, ramah, sopan dan tidak arogan.

 

Kelima, dalam era kemajuan tehnologi sekarang ini hendaknya ibu-ibu selalu menjaga citra sebagai istri Prajurit, hati-hati dalam menerima dan menggunakan sarana media sosial, jangan gampang terpancing dengan informasi yang muncul yang belum tentu kebenarannya.

 

Selanjutnya Ketua Persit KCK Koorcab Rem 022 PD I/BB, Ny. Mia Luqman Arief  dalam arahannya  acara pertemuan gabungan ini bermanfaat sebagai sarana komunikasi,  koordinasi, sekaligus membangun kebersamaan. Melalui keakraban dan kehar-monisan inilah, kita bisa bertukar pikiran dan berbagi pengalaman yang dapat digunakan untuk kepentingan dan kemajuan organisasi.

 

 

Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian bagi kita semua, baik dalam membina keluarga maupun melaksanakan tugas-tugas organisasi.

 

Kita ketahui bersama, sebagai istri prajurit, ibu-ibu memiliki peran ganda, yakni istri sebagai pendamping suami, ibu rumah tangga, dan anggota organisasi. Di mana setiap peran tersebut harus dapat berjalan seiring dan sejalan satu dengan yang lainnya, sehingga dapat memilih dan memilah waktu dalam melakukan kegiatan dengan perencanaan yang tepat serta peran tersebut hendaknya tidak dianggap sebagai beban, namun sebaliknya diterima sebagai suatu kehormatan dan kebanggaan.

 

Di tengah kesibukan sebagai anggota Persit, ibu-ibu jangan mengabaikan kewajiban sebagai seorang ibu rumah tangga.  Luangkan waktu untuk tetap menjaga keharmonisan rumah tangga, berikan  dukungan semangat kepada suami, agar mampu mengemban tugasnya dengan baik dan ingatkan suami agar menghindari hal-hal yang negatif yang dapat merugikan dan merusak nama baik keluarga maupun satuan.

 

Perlu kita ketahui bersama, kesuksesan suami dalam melaksanakan tugasnya tidak terlepas dari andil maupun peran seorang istri yang sangat luar biasa sebagai pendamping hidupnya. Demikian juga sebaliknya, kegagalan seorang suami tidak terlepas dari pengaruh negatif dan ketidakpedulian seorang istri. Begitu juga sebaliknya sebagai istri prajurit dituntut  untuk senantiasa tampil sederhana, sopan dalam sikap dan tutur kata serta menjadi panutan dan tauladan di tengah-tengah masyarakat.

 

Disamping itu, sepadat apapun kegiatan ibu-ibu harus tetap meluangkan waktu untuk memberikan perhatian dan pengawasan kepada anak-anak. Berikan perhatian dan bimbingan kepada mereka, serta tanamkan nilai agama sebagai pondasi keluarga dan perhatikan pula kesehatan serta didiklah mereka sesuai perkembangan jaman dengan membekali mereka dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Keberhasilan tugas-tugas organisasi tidak hanya ditentukan oleh kerelaan, ketekunan dan kesungguhan para pengurusnya saja, tetapi juga sangat ditentukan oleh partisipasi dan dukungan aktif seluruh anggotanya yang dilandasi  rasa senasib dan seperjuangan serta rasa kekeluargaan, kesetiakawanan dan saling menghormati. Oleh karena itu, tumbuhkembangkan rasa  kebersamaan, baik dilingkungan organisasi maupun di lingkungan keluarga dan hindari polemik-polemik yang bisa mempengaruhi hubungan dan budayakan untuk selalu berpikiran maju dan positif.

 

Terkait dengan penggunaan Media Sosial.  Kita ketahui bersama, Media Sosial memiliki manfaat apabila digunakan dalam hal-hal yang positif. Oleh karena itu, bijaklah bermedsos dengan tidak ikut merespon status orang lain apalagi menanggapi maupun berkomentar terkait isu yang tidak jelas (hoax). Gunakan Medsos untuk hal-hal yang baik saja dan selalu ingatkan anggota keluarga agar lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan Medsos.

 

Multi peran yang dijalankan inilah yang diharapkan dapat tertanam dalam jiwa seorang istri prajurit, tak hanya sebagai ibu yang melindungi dan menyayangi keluarga namun sebagai penopang dan pelindung jiwa dan raga suami serta mampu menjadi pribadi yang mandiri, cerdas dan berwawasan luas.

 

Dalam kesempatan ini, kita juga akan melaksanakan sosialisasi kesehatan reproduksi. Untuk itu, marilah kegiatan ini kita jadikan sebagai momentum untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam hal kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.

 

Dalam rangka menyambut HUT Persit KCK ke 77 tahun 2023, kita akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, seperti donor darah, Iva Test ( untuk mendeteksi dini penyakit kanker atau kanker mulut rahim pada wanita). Selain itu, kita juga akan melaksanakan perlombaan kreasi hijab dan menyanyi.

 

Akhirnya, marilah kita saling mendukung dan bekerjasama, karena dengan kebersamaan dan semangat kekeluargaan,  disertai rasa kesadaran, keikhlasan dan tanggung jawab, saya yakin rangkaian kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

 

Seusai sambutan  Ketua Persit  kegiatan pun dilanjutkan Sosialisasi kesehatan reproduksi oleh Dr.Monica Dyane Tahapary , Pemberian Cendera mata , foto bersama ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 022  beserta para Ketua Cabang Persit jajaran Koorcab Rem  022 , Lomba Kreasi Hijab, Lomba Menyanyi, Deteksi Dini Kanker Serviks dengan IVA Test, pembagian door price sebagai wujud perhatian komando kepada seluruh anggota persit dan keluarganya dan   meninjau kegiatan donor darah

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 022/PT, Kasi pers Korem 022/PT, Ibu ketua Persit koorcab rem 022 PD I/BB, Ibu wakil ketua persit koorcab rem 022 PD I/BB, para Ibu ketua cabang jajaran rem 022/PT beserta disjan para ibu - ibu pengurus persit koorcab rem 022 PD I/BB,  Ibu Dr. Monica Dyane Tahapary, para ibu ketua ranting jajaran rem 022/PT beserta disjan,  para ibu - ibu perwakilan jajaran Korem  022/PT beserta disjan.

 

 

 

0 comments:

Posting Komentar