Senin, 25 Maret 2024

Personel Babinsa Bantu Evakuasi Korban Bencana Alam Jadi Sorotan Media Publik Di Kota Bogor

Personel Babinsa Bantu Evakuasi Korban Bencana Alam Jadi Sorotan Media Publik Di Kota Bogor

Kegiatan evakuasi Korban Bencana Alam, Minggu 25/03/24.

kodim0606kotabogor.com - Akibat Hujan deras yang melanda beberapa waktu yang lalu, mengakibatkan beberapa wilayah di Kota Bogor mengalami peristiwa Bencana Alam.

Peristiwa Bencana alam tersebut terjadi di hari Minggu malam (25 Maret 2024), yang menimbulkan kerugian berupa Materiil puluhan juga Rupiah hingga Korban Meninggal Dunia.
Adapun peristiwa Bencana alam tersebut terjadi salah satunya di wilayah Kecamatan Bogor Tengah, antara lain di wilayah Kelurahan Sempur, Koptu Andry Herliyanto selaku Babinsa setempat melaporkan bahwa ada peristiwa Longsor bertempat di Kampung Lebak Kantin RT. 02 RW. 07 Kelurahan Sempur yang mengakibatkan 4 rumah rusak berat dan 2 orang korban meninggal dunia.
Serta di wilayah Kelurahan Pabaton, Serma Much. Rochim selaku Babinsa setempat membantu evakasi pohon tumbang yang berlokasi di Jln. Sudirman RT. 02 RW. 04 Kelurahan Pabaton akibat terpaan hujan angin yang kencang.
Hujan deras yang disertai angin mengakibatkan rumah milik Bapak Zainal Abidin warga RT. 06 RW. 05 Kelurahan Cilendek Barat Kecamatan Bogor Barat yang dihuni 4 orang jiwa tersebut mengalami ambruk / roboh, Peltu Budi Susanto selaku Babinsa setempat melaporkan bahwa tembok dan atap rumah ambruk tersebut akibat kultur bangunan yang sudah rapuh ditambah terpaan hujan dengan intensitas tinggi di wilayah tersebut.
Sedangkan di Kelurahan Gunung Batu, Koptu Dominggus selaku Babinsa setempat, melaporkan bahwa Banjir dan ambruknya salah satu rumah milik warga yang dihuni 3 jiwa tersebut terjadi di wilayah RT. 006 RW. 004 Kelurahan Gunung Batu.
Bencana alam juga terjadi di wilayah Kecamatan Bogor Utara, Serda Ari Surachman Babinsa Bantarjati membantu evakuasi Warga yang terkena dampak bencana banjir lintasan di Jln. Ceremai Ujung RT. 04 RW. 12 Kelurahan Bantarjati yang merendam 30 unit rumah dilokasi tersebut.
Di wilayah Kelurahan Tanah Baru, Serka Sirad selaku Babinsa setempat melaporkan bahwa ada sekitar enam RW (180 KK) yang terkena dampak banjir setinggi 1 meter akibat jebolnya tanggul atau turab penahan Aliran air Kali Ciluar, serta Koptu Catur Heru Babinsa Ciluar melaksanakan pemantauan bajir lintasan akibat luapan sungai Ciluar bertempat di Kampung Babakan Poncol RT. 01 RW. 02 Kelurahan Ciluar yang merendam rumah milik 20 KK di wilayah tersebut.
Koptu Bagoes selaku Babinsa Tegal Gundil melaksanakan pengecekan lokasi robohnya bangunan rumah milik warga RT. 06 RW. 17 Kelurahan Tegal Gundil yang disebabkan oleh Hujan dengan Instensitas tinggi, dan Peltu Selamet Babinsa Kedung Halang, melaksanakan pengecekan tanah longsor yang menimpa sebuah rumah milik warga RT. 03 RW. 07 Kelurahan Kedung Halang yang dihuni oleh 1 kk 4 Jiwa.
Serta Serka Widodo Babinsa Ciparigi melaksanakan pengecekan longsor yang terjadi di wilayah Kampung Mandala RT. 01 RW. 09 Kelurahan Ciparigi, Satu orang korban luka parah yang sempat tertimbun dibawa kerumah sakit FMC atas nama Sigit Gunawan laki-laki umur 42 tahun.
Sedangkan Serka Mas'ud Babinsa Cibuluh melaksanakan pengecekan Longsor di wilayah RT. 02 RW. 08 Kelurahan Cibuluh yang mengakibatkan halaman teras rumah milik warga atas nama bapak Dodi (umur 60 th, 1 kk 9 jiwa) terkena imbasnya karena posisi rumah yang berada di pinggiran tebing.
Di Kecamatan Tanah Sareal, bencana alam banjir terjadi di Kelurahan Kedung Waringin, Serka Makmur melaporkan bahwa di wilayah binaannya telah terjadi Banjir pada pukul 17.00 Wib, Banjir setinggi 4 Meter tersebut merendam 4 rumah di RW. 04 yang mengakibatkan penghuni rumah terjebak di atap rumah tersebut.
Pemantauan juga dilaksanakan oleh Pelda Hairul selaku Babinsa Mekarwangi, ia menjelaskan bahwa Longsor terjadi akibat jebolnya TPT di wilayah RT. 02 RW. 14 Kelurahan Mekarwangi, Longsor juga mengakibatkan tembok pondasi behel milik warga RT. 02 RW. 04 Kelurahan Kayumanis jebol dan menutup akses jalan kampung.
Hadirnya Babinsa disetiap lokasi terjadinya bencana alam tersebut, berhasil menarik perhatian publik khususnya di wilayah Kota Bogor, para warga sangat senang akan hadirnya TNI di tengah - tengah kesulitan rakyat, ini membuktikan bahwa peranan TNI di lingkungan warga Kota Bogor, sangat erat kaitannya terhadap keamanan dan kenyamanan wilayahnya.

TNI akan senantiasa di hati Rakyat, karena bersama Rakyat, TNI kuat , Bravo TNI. (Gun4-1).


Editor : Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor.

0 comments:

Posting Komentar