Selasa, 30 Mei 2023

Sertu Didik Hadiri Sosialisasi HIV/Aids Para Kader Se-Kecamatan Bogor Selatan

Sertu Didik Hadiri Sosialisasi HIV/Aids Para Kader Se-Kecamatan Bogor Selatan

Sertu Didik saat foto bersama dalam rangka sosialisasi HIV, Selasa 30/05/23.

kodim0606kotabogor.com - Sertu Didik Wahyudi Babinsa Kelurahan Pamoyanan, menghadiri kegiatan sosialisasi HIV/Aids kepada para Kader se-Kecamatan Bogor Selatan.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Selasa tanggal 30 Mei 2023 pukul 09.00 Wib, bertempat di Saung Kabayan di RT. 02 RW. 03 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.

Adapun pembahasan dalam kegiatan tersebut, adalah terkait pentingnya pengetahuan tentang tanda - tanda atau gejala dari penyakit HIV/Aids, serta dampak negatif yang akan di timbulkan jika terkena penyakit tersebut.
Sedangkan pengertian dari Human Immunodeficiency Virus atau biasa disingkat dengan HIV itu sendiri adalah salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit serius bagi penderitanya. Lantaran, HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

HIV adalah virus yang dapat menyebabkan AIDS. Di samping itu, ada beberapa faktor risiko yang dapat memicu penularan HIV. Di antaranya bergonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual yang tidak menggunakan alat kontrasepsi, menggunakan jarum suntik yang telah dipakai oleh orang lain, menggunakan alat makan bersama-sama dengan penderita HIV serta Transfusi darah yang alatnya tidak steril.

Salah satu tanda terkena gejala HIV/Aids antara lain demam yang berkepanjangan, bahkan bisa sampai lebih dari 10 hari, tubuh selalu merasa lemas dan tidak berdaya, sesak nafas, diare kronis dan terjadi dalam kurun waktu lama, mudah terserang infeksi jamur pada mulut, tenggorokan, dan alat kelamin serta berat badan turun drastis karena kehilangan nafsu makan.
Dalam kegiatan tersebut Sertu Didik menghimbau kepada para Kader untuk mengecek kesehatan masyarakat di setiap wilayahnya, jika di temukan gejala yang menyerupai penyakit HIV/Aids, agar segera melaporkannya ke petugas kesehatan setempat/Puskesmas.

Kegiatan yang dihadiri oleh Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Pamoyanan, Seklur Pamoyanan serta perwakilan Kader tiap Kelurahan se-Kecamatan Bogor, berlangsung aman dan tertib, semoga dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menambah pengetahuan bagi para Kader di tiap Kelurahan agar dapat mencegah penyebaran penyakit HIV/Aids, tutup Sertu Didik. (Gun4-1).


Editor : Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor.

0 comments:

Posting Komentar