Selasa, 20 Desember 2022

 Satgas pembibitan berikan Edukasi Pentingnya jaga kebersihan dan kesehatan Lingkungan Kepada Warga Desa Sihaporas 



Pematang siantar – Satgas pembibitan melakukan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan bapak B Sinaga dan S Galinging warga desa Sihaporas Kecamatan Pematang Sidamanik Kabupaten simalungun. Selasa (20/12/2022).


Pada kesempatan tersebut, Salah satu personel Satgas pembibitan Serda R Sihombing menyampaikan beberapa hal terutama pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.


Kondisi cuaca yang tidak menentu dan curah hujan yang cukup tinggi menjadi salah satu pemicu rentannya muncul bibit penyakit, seperti demam berdarah (DBD) dan penyakit lainnya.


ia mengatakan menjaga kesehatan diri yakni salah satunya dengan mengatur pola makan dan mengikuti protokol kesehatan.

“Saya himbau masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan terutama lingkungannya masing-masing. Khususnya tetap patuh juga pada protkes Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” imbaunya.


Ditempat terpisah Danton Satgas Pembibitan Letda Inf J Harianja menambahkan Kami mengajak masyarakat untuk sering melakukan gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing di desa dengan tujuan agar terhindar dari serangan penyakit.


“Contohnya untuk mencegah penyakit DBD, masyarakat juga mengenal 3 M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur,” jelasnya


M yang pertama, terangnya yakni menguras adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.


Kemudian, M kedua menutup. Artinya menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sejenisnya.


“Terakhir, M yang ketiga, mengubur atau memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah,” demikian terang Letda J Harianja 



Usai melaksanakan komsos Satgas pembibitan di bagi beberapa tugas oleh Danton Letda Inf J Harianja sebahagian melaksanakan Patroli dan pembersihan base camp, tim yang lain melaksanakan perawatan bibit yang ada disekitar Camp.

0 comments:

Posting Komentar