Sabtu, 29 Juli 2023

Mengunjungi Sekolah Pikiniki Playtime di Port Vila Vanuatu, Steve Mara : Saya melihat masa depan Vanuatu yang hebat dari anak-anak ini

Matarajawali.my.id, Papua - Ketua Melanesian Youth Forum dari Indonesia, Steve Mara melakukan kunjungan ke sekolah Pikiniki Playtime di Port Vila, Vanuatu. Kunjungan ini menjadi bagian dalam program kerja organisasi Melanesian Youth Forun untuk memberikan pesan positif kepada generasi masa depan bahwa kita kuat jika berjalan bersama.


Dalam kunjungan tersebut Steve Mara melakukan diskusi bersama generasi masa depan Vanuatu dan juga memberikan dukungan alat olahraga seperti bola, baju latihan untuk olahraga dan perlengkapan olahraga lainnya.


Selain itu, perlengkapan sekolah seperti tas, botol minum dan handuk juga diberikan kepada beberapa siswa yang  memiliki kebutuhan khusus untuk mendukung kegiatan sekolah mereka.


Saya melihat masa depan Vanuatu yang hebat melalui mereka, mereka memberikan pertanyaan yang hebat kepada saya, kata Steve Mara.


Salah satu dari mereka menanyakan apakah Indonesia dan Vanuatu bisa berlatih sepak bola bersama? Apakah Indonesia akan membawa orang Vanuatu untuk berlatih bola di Indonesia? Ada juga yang bertanya, apakah orang Vanuatu bisa sekolah di Indonesia?


Pertanyaan ini menunjukan bahwa mereka melihat sesuatu yang jauh dimasa depan.


Dalam kunjungan tersebut, Ketua Melanesian Youth Forum ini juga membagikan beberapa pesan penting kepada siswa, Steve berharap siswa harus terus meningkatkan semangat studi mereka karena saat ini banyak tantangan yang datang kepada negara-negara di wilayah pasifik.


Jika pemuda melanesia tidak siap untuk menghadapi hal itu, maka kita akan menjadi korban, namun jika kita siap, maka tantangan tersebut akan kita rubah menjadi peluang yang baik.


Selain itu, steve juga menyampaikan bahwa Jika Indonesia yang memiliki 17ribu pulau dan 275 juta penduduk bisa dibangun dengan baik, maka Vanuatu yang populasi masyarakatnya belum mencapai 1 juta ini pasti bisa dibangun dengan sangat baik dan cepat. 


Steve Mara juga menjelaskan bahwa saat ini hubungan baik antara negara Indonesia dan Vanuatu sedang dibangun oleh Pemerintah, harapan saya hubungan ini dapat membawa dampak positif, seperti saling mendorong dalam hal pertukaran pelajar antara Indonesia dan Vanuatu. 


Hubungan diplomatik Indonesia dan Vanuatu penting karena Indonesia adalah negara dengan populasi penduduk melanesia yang besar di pasifik yaitu mencapai 13 juta penduduk, yang terbagi dibeberapa pulau seperti pulau Papua, Maluku, NTT dan NTB. Dengan ada hubungan tersebut, kita bisa saling mendukung.


Carol, salah satu penanggung jawab disekolah tersebut menyampaikan bahwa menurut steve ini barang kecil, namun menurut kami, apa yang dilakukan Steve Mara dari Indonesia ini sangat berarti, disini ada siswa yang berkebutuhan khusus dan Steve membawa beberapa kebutuhan yang dapat meringankan beban keluarga mereka.


Pertemuan tersebut diakhiri dengan menyanyikan lagu we are one big family dan melakukan foto bersama. (Red)*

0 comments:

Posting Komentar