Senin, 11 April 2022

Tangkap Pencuri Infaq Mesjid, Tersangka diserahkan ke Polres Labuhanbatu

Matarajawali, Labuhanbatu - Kopda Darman Ritonga Personel Kodim 0209/LB bagian Protokoler berhasil mengamankan seorang pria diduga pelaku pencuri kotak infaq di Masjid Al Hidayah Jalan Pelita I Kelurahan Siringo-Ringo Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/04/2022) Sekira pukul 12:00 Wib.

Berkat kesigapan nya, Kopda Darman Ritonga seorang diri menangkap pelaku pencuri kotak infaq tersebut yang terjebak dari pelariannya didalam tembok pertokoan.

Menurut penuturan Kopda Darman Ritonga kepada media ini lewat selulernya menjelaskan kejadian bermula ketika dirinya hendak menjemput anak ke sekolah, saat tiba di persimpangan jalan pelita I yang tidak jauh dari masjid Al Hidayah, Ia menghentikan sepeda motor yang ditungganginya, tidak berselang lama ada seorang pria berlari dari masjid kearah ditempat ia berhenti.

Pria tersebut berlari hingga melewatinya, kemudian beberapa orang juga turut berlari dari masjid, saat berpapasan dengannya salah seorang berkata bang bantu kejarkan orang itu, dia mencuri kotak infaq masjid, Tutur salah seorang kepadaku, Tuturnya.

Mendapati informasi itu, Kopda Darman Ritonga lantas dengan sigap mengejar pria yang diduga mencuri kotak infaq masjid dengan sepeda motor yang ditungganginya.

Saat mengejar dan mendekati pria tersebut, Kopda Darman Ritonga lalu berteriak, "hey berhenti kau," namun pria dimaksud bukan berhenti malah semakin kencang berlari menjauhinya dan berbelok kelokasi ruko milik warga dan memanjat tembok.

Lalu Kodpa Darman Ritonga memarkirkan sepeda motornya, dan kembali mengejar pria tadi yang melarikan diri memanjat tembok, setelah masuk kedalam tembok ruko pria itu terperangkap tidak bisa berlari lagi karena kanan kirinya ada tembok yang tinggi, sempat dia berusaha memanjat namun saat memegang besi terlepas pengangannya dan jatuh kelantai.

Kemudian aku melompat kedalam dan langsung menangkap pria tersebut yang dalam posisi sudah tidak bisa berlari lagi karena terjatuh dan tidak lama datanglah masyarakat turut membatu mengamankan pria tadi lantas kami mengikat tangannya dengan tali.

"Kulihat wajah pria itu masih muda, orangnya kencang berlari, lalu kuperiksa kantongnya semua, rupanya sudah disitu uang infaq masjid," Terang Kopda Darman.

Setelah itu, selanjutnya pria tersebut kami bawa bersama masyarakat ke masjid Al Hidayah dan aku cek di lokasi masjid masih ada bercecer uang infaq beserta tas yang dibawanya. Kemudian kusampaikan kepada kepala lingkungan untuk menghubungi Babinsa dan Bhabinkamtibmas biar diurus nanti kalau dibiarkan takutnya nanti terjadi hal yang tidak di inginkan, mati dikeroyok dimassa.

Kepala lingkungan lalu menghubungi Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sambil menunggu Babinsa dan Bhabinkamtibmas datang aku jagai pria itu agar tidak dimassa warga yang sudah mulai kesal dengan pria tadi karena sudah mencuri kotak infaq masjid, Ucap Kopda Darman.

Selang beberapa waktu datanglah Babinsa dan Bhabinkamtibmas lalu kuserahkan kepada mereka pelakunya, "Bang ini pelakunya, izin saya mau jemput anak ke sekolah," ya sudah pergilah dek, bilang Babinsa Serda RM. Napitupulu saat itu, kemudian saya pergi dan tidak tahu lagi tindak lanjutnya karena sudah ditangani Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Tutup Kopda Darman

Disisi lain Informasi diterima media ini dari Babinsa Serda RM Napitupulu diketahui pria tersebut bernama inisial PSR (32) warga Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu.

Adapun barang bukti yang didapat dari pelaku pencuri kotak infaq tersebut berupa satu buah kotak infaq masjid dan uang cash sebesar Rp 245.000,- (Dua ratus empat puluh lima ribu rupiah)

Selanjutnya untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku pencuri kotak infaq masjid Al Hidayah diserahkan ke Polres Labuhanbatu untuk dilakukan proses selanjutnya. red*

0 comments:

Posting Komentar