Sabtu, 15 Januari 2022

Peringati HUT Langkat Ke 272, Dandim 0203/Lkt, Ziarah Ke Makam Pahlawan

 

 


Langkat - Sehubungan dengan peringati hari jadi Kabupaten Langkat ke 272, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Langkat AKBP Danu Pamungkas Tatok,SH,SIK melakukan giat ziarah Makam Pahlawan yakni: Makam Pahlawan Kelurga T, Amir Hamzah dan Makam Tuan Guru Babusalam I, Makam Pahlawan Raja Ahmad.

 

Dengan titik kumpul di kantor Bupati Langkat Stabat, di ikuti oleh Dandim 0203 Langkat Letkol Inf.Wisnu Joko Saputro,Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok,SH,SIK, Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin,SE diwakilkan oleh Asisten I Pemkab Langkat Hermansyah,MIP, Kanit III Sat Intelkam Ipda Widayat, Kabid Pariwisata Sabarita Br,Sitepu, Ketua Napak Tilas Sejarah Negeri Langkat Ahmad Ahmadi.

 

MAKAM PAHLAWAN T. AMIR HAMZAH DAN KELUARGA.

 

Rombongan Kapolres Langkat tiba di Masjid Azizi Kel. Pekan Tanjung, KecamatannTanjung Pura, Kabupaten Langkat, pukul 10.00 wib, dan disambut oleh sbb :

 

Sekcam Tanjung Pura Zulkarnaen Sembiring,Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman S. Sos,Ketua MUI Kec. Tanjung Pura H. Muhamad Ridwan,
 Imam besar Masjid Azizi H. Basyarudin
Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Tanjung Pura.

 

Penyambutan rombongan Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok,SH,SIK  diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Kec. Tanjung Pura H. Muhamad Ridwan dilanjutkan dengan sambutan dari Imam besar Masjid Azizi H. Basyaruddin.

Imam Besar Masjid Azizi H, Basyarudin mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Kapolres Langkat AKBP DANU PAMUNGKAS TOTOK, SH, SIK beserta rombongan.


Lalu, ia menjelaskan sejarah singkat Langkat.

“Sultan pertama yang menjadi Sultan di Kab. Langkat adalah Sultan MUSA.

Lanjutnya, Pada masa itu dengan kepemimpinan beliau Masyarakat sangat makmur.

Lalu, sambungnya, Setelah beliau wafat  maka digantikan oleh putra beliau yaitu Sultan ABDUL AZIZIZ yang merupakan pendiri Masjid Azizi Tanjung Pura pada tahun 1902, pungkasnya.

 

Usai melakukan  ziarah sekaligus penaburan bunga ke makam Pahlawan T. AMIR HAMZAH dan Keluarga, rombongan Kapolres Langkat melanjutkan perjalanan bergerak menuju Desa Besilam,Kecamatan Padang Tualang untuk ziarah ke makam Tuan Guru Babusalam I.

 

MAKAM TUAN GURU BABUSALAM I.

 

Pada pukul 10.45 wib, Kapolres Langkat AKBP DANU PAMUNGKAS TOTOK, SH, SIK beserta Rombongan tiba di makam Tuan Guru Babusalam yang pertama di Desa Besilam, Kecamatan. Padang Tualang, Kabupaten Langkat dan langsung di sambut oleh Camat Padang Tualang Drs. Ramlan Efendi Lubis, Kapolsek Padang Tualang AKP Sutrisno,SH, Zuriat Tuan Guru Babussalam, Tokoh Agama dan Tokoh Masyrakat Kecamatan Padang Tualang.

Kapolres Langkat AKBP DANU PAMUNGKAS TOTOK, SH, SIK berziarah ke makam Tuan Guru Babussalam yang pertama sekaligus membaca doa bersama yang di pandu oleh Zuriat Tuan Guru Babussalam.

 

Selanjutnya, pukul 11.00 wib Kapolres Langkat beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat melakukan ziarah makam Raja Ahmad.

 

ZIARAH MAKAM RAJA AHMAD.

 

a. Pada pukul 11.50 wib, Kapolres Langkat AKBP DANU PAMUNGKAS TOTOK, SH, SIK beserta
rombongan tiba di Lokasi makam RAJA AHMAD yang bertempat di Desa Kepala sungai Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat dan disambut oleh Camat Secanggang Persadanta Sembiring, Sekcam Agung  Tritiantio,SS TP, MAP, Kapolsek Secanggang IPTU Mahruzar Sebayang,SH, Kepala Desa Kepala Sungai Suriono, SH, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan  Secanggang.

Ketua Napak Tilas Ahmad  Ahmadi menjelaskan tentang sejarah RAJA AHMAD yaitu sbb :

Makam ini adalah makam Raja Ahmad bin Indra Bungsu, yaitu raja ke X dari Aru.
Kemudian, dari beliaulah banyak melahirkan Sultan – Sultan yang ada di Kabupaten Langkat.

Selanjutnya dirinya merupakan ayah dari sultan Langkat yang pertama yaitu sultan MUSA.

Ditambahkannya, Dulu tempat ini adalah kota Dalam dan dipimpin oleh dua raja, yaitu Kota dalam luar dan dalam, pungkasnya.

 

0 comments:

Posting Komentar