Selasa, 22 November 2022

Hari Kedua, Latgulbencal Korem 022/PT Simulasikan Penanganan Dan Evakuasi Korban Banjir

 

 


Pematang siantar - Kegiatan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan Korem 022/Pantai Timur  dan jajarannya bertempat di Desa Tanjung Selamat Kecamatan  Kualuh Selatan Kabupaten  Labuhan Batu Utara telah resmi dibuka dan memasuki hari ke dua pelaksanaannya, Rabu (23/11/2022)

 

Adapun materi yang dilaksanakan hari ini antara lain  Materi pendirian tenda posko, Materi  Operasional LCR dan OBM, Materi sistem peringatan dini, Materi Evakuasi korban di Medan sulit,dan materi pertolongan darurat lapangan.

 


Dihari kedua pelaksanaan ini, pelatihan penanggulangan bencana alam tersebut terlihat masing-masing tim yang terlibat semakin gesit dan sigap dalam rangka mempersiapkan diri mereka.

 

Seperti halnya, yang dilakukan oleh tim dari Denbekang yang dipimpin

Letda Cba Heriady  bersama anggotanya, melaksanakan simulasi penanganan dan pertolongan terhadap korban yang tenggelam.

 

Letda Cba Heriady mengatakan, simulasi Drill kering yang saat ini kami peaktekkan sebagai pendahuluan.

 

“Agar nantinya ketika masuk dalam pelaksanaan semuanya sudah memang benar benar siap serta maksimal dalam pelaksanaannya,” ucapnya.

 

Letda Cba Heriady memberikan materi tentang Penangulangan Bencana alam sebelum, selama dan sesudah Gulbencal kemudian dilanjutkan dengan pelatihan simulasi evakuasi korban bencana banjir dengan menggunakan LCR serta water rescue pada laka air yang diikuti oleh ratusan  orang bertempat di sungai desa Tanjung Selamat

 

Latihan ini melibatkan para anggota baik pelatih dari Korem 022/PT, juga dikuti oleh personel TNI, BPBD, PMI, TAGANA dan FKPPI.

 

Di tempat yang sama Pabanda Lator Sopsdam I/BB Mayor Inf Kurniawan Edi Saputra  menyampaikan pentingnya koordinasi antar stikholder dan penyamaan persepsi dilapangan dalam memberikan bantuan kemanusiaan di lapangan pada saat terjadinya bencana alam. Para relawan kemanusiaan jangan sampai pilih kasih disaat memberikan bantuan korban bencana pada waktu pelaksanaan di lapangan.

 

Latihan dasar penanggulangan bencana wajib untuk di ikuti oleh setiap organisasi relawan kemanusiaan dalam rangka mengasah kemampuan masing-masing dalam menangani penanggulangan bencana alam. Selalu mengedepankan prosedur keamanan dan pengamanan apapun yang terjadi pada saat di lapangan. Laksanakan koordinasi berkala ke jajaran stakeholder di lapangan agar bisa maksimal dan mengurangi terjadinya miskomunikasi diantara organisasi relawan kemanusiaan,” pungkas Mayor Inf Kurniawan Edi Saputra

 

Turut hadir dalam kegiatan latihan penanggulangan bencana alam antara lain Para Kasi Korem 022/PT,  Mayor Inf Kurniawan Edi Saputra (Pabanda Lator Sopsdam), Para Pasi Korem 022/PT dan Kepala BPBD Kabupaten  Labura

 

0 comments:

Posting Komentar