Minggu, 27 Maret 2022

Dukung Ketahanan Pangan, Korem 022/PT Gelar Sosialisasi Pembinaan Ketahanan Pangan di Wilayah Korem 022/PT TA. 2022

 

 


P.Siantar - Korem 022/PT  menggelar sosialisasi Pembinaan Ketahanan Pangan kepada Prajurit Kodim jajaran Korem 022/PT Tahun 2022  bertempat di Aula Pantai Timur Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Kec. Siantar Kab.Simalungun. Senin ( 28/3/2022).

  

Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief ,S.I.P. dalam sambutannya yang di bacakan oleh Kasiter Korem 022/PT Mayor Inf Fahroel Muhadi menyampaikan bahwa Salah satu tugas TNI Angkatan Darat adalah melaksanakan pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Buatan di darat, khususnya ketahanan pangan wilayah. Hal ini bertujuan untuk membantu Pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan Negara melalui penyelenggaraan Binter dengan metode Pembinaan Ketahanan Wilayah.

  


Dengan harapan Pembinaan ketahanan pangan ini, dapat mendorong perubahan paradigma pembangunan nasional di bidang pertanian, dengan memanfaatkan  sumber daya alam dan buatan secara efisien dan berkelanjutan.

  

Kita sadari bersama bahwa, dampak dari perubahan iklim atau pemanasan global yang berkepanjangan, disertai dengan Pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum usai, akan mengganggu sektor-sektor yang menyokong kehidupan masyarakat, termasuk diantaranya sektor pertanian.

 


Sektor pertanian menjadi sorotan, karena memiliki kaitan erat dengan ketahanan pangan nasional. Tentunya pada masa pandemi yang sulit seperti sekarang ini ketahanan pangan menjadi sesuatu yang harus diupayakan untuk menghindar dari krisis pangan yang seakan menghantui Indonesia.

  

Sebagai kebutuhan dasar dan salah satu hak asasi manusia, pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidak-stabilan ekonomi. Berbagai gejolak sosial dan politik dapat juga terjadi jika ketahanan pangan terganggu. Kondisi pangan yang kritis ini bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional.

  

 Oleh karena itu, Pemerintah melalui para pelaku pertanian melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan secara terus menerus dan berkelanjutan. Salah satunya dengan memberdayakan satuan-satuan TNI AD di seluruh wilayah Indonesia termasuk Korem 022/PT.

 

Hal ini sesui dengan Tugas TNI AD yang diamanatkan dalam UU No. 34 Tahun 2004 (Operasi Militer Selain Perang) TNI juga bertugas untuk membantu tugas Pemerintah Daerah melalui fungsi utama Pembinaan Teritorial, termasuk didalamnya mencakup penyiapan potensi sumber daya alam khususnya mengenai logistik wilayah, guna membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dibidang pangan.

  

Selain itu, masyarakat juga dapat ikut andil dalam menjaga ketahanan pangan untuk menghindari adanya krisis pangan. Masyarakat memiliki peluang untuk membangun kedaulatan dan kemandirian pangan dengan lebih kreatif dan bisa berkreasi untuk mengatasi situasi yang ada.

  

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan dan kemampuan para anggota, khususnya Babinsa untuk mendukung tugas-tugas yang berkaitan dengan bidang pertanian dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di wilayahnya masing-masing.

  

Oleh karena itu, saya tekankan kepada seluruh peserta untuk memperhatikan dan menyimak materi yang diberikan dengan sebaik-baiknya, tanyakan hal-hal yang belum dimengerti, sehingga dapat dimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

  

Sosialisasi Ketahanan Pangan kali ini mengangkat tema “Mewujudkan binter dalam pemulihan ekonomi dan Reformasi melalui pembinaan ketahanan pangan di wilayah”

  

Tampak hadir pada acara tersebut, Pasi Ter Korem 022/PT, Pasi Wan Mil Korem 022/PT, para Pasiter Kodim jajaran Korem 022/PT, Perwakilan Bati Ter jajaran Korem 022/PT , Babinsa Kodim jajaran Korem 022/PT serta Para Kelompok Tani peserta Pembinaan Ketahanan Pangan.

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 comments:

Posting Komentar